Banner
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 92896
Pengunjung : 31570
Hari ini : 31
Hits hari ini : 62
Member Online : 10
IP : 3.80.55.37
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

rio_jati    rdj_maklar

KARNAVAL LITERASI JOGJA ISTIMEWA

Tanggal : 10/18/2017, 07:09:41, dibaca 202 kali.

   Pada Bulan Agustus 2017 lalu SD Masjid Syuhada’ mengikuti Karnaval Literasi Jogja Istimewa yang diadakan oleh Tribun Jogja bekerjasama dengan Gramedia Jogja. Karnaval ini diikuti oleh banyak peserta yaitu dari sekolah-sekolah, Taman Bacaan Masyarakat, berbagai komunitas dan beberapa komunitas penggiat literasi di Jogja. Karnaval dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Agustus 2017 dengan rute jalan dimulai dari Gramedia Jogja, berjalan melewati Terban, menuju Tugu, dan berakhir kembali di Gramedia Jogja. Dalam rangkaian acara tersebut juga diadakan Car Free Day yang diisi dengan berbagai pentas seperti seni tari, group band, penampilan dari Dhimas Diajeng Jogja, Senam pagi, dan beberapa komunitas juga ikut serta untuk memeriahkan Car Free Day sekaligus Karnaval Literasi Jogja Istimewa.

   Karnaval dimulai dari pukul 07.00 WIB dan dibuka dengan nyanyian lagu-lagu nasional dan arak-arakan gunungan buku dari Gramedia Jogja. Gunungan buku tersebut boleh diambil dengan gratis oleh masyarakat disekitarnya maupun para peserta yang ikut dalam rangkaian acara Karnaval Literasi Jogja Istimewa. Peserta karnaval terlebih dahulu melakukan registrasi ulang dengan panitia yang sudah ada di lokasi, setelah itu mereka masuk ke barisan untuk bersiap-siap jalan kaki. Lalu mereka dipersilakan untuk berjalan sesuai dengan urutan barisannya dengan penuh semangat serta meneriakkan yel-yel yang sudah dibuat sebelumnya.

   Perwakilan dari SD Masjid Syuhada’ berjumlah sekitar 30 siswa dengan 4 pendamping dari guru dan karyawan. Siswa yang diminta untuk mewakili yaitu dari kelas 4 dan kelas 5. Saat karnaval berlangsung anak-anak sangat antusias mengikuti meskipun rute perjalanannya jauh. Siswa menggunakan baju olahraga dan dihiasi berbagai aksesoris yang dibuat dari bahan atau barang bekas seperti koran, kalender, dan majalah yang berwarna. Hal ini dilakukan agar mengajarkan siswa untuk memanfaatkan barang-barang bekas dan tidak membuangnya dengan cuma-cuma. Sedangkan tujuan mengikuti acara Karnaval Literasi Jogja Istimewa ini adalah melatih kreativitas siswa, mengenalkan siswa akan literasi, dan menambah pengalaman untuk siswa.



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas